Artikel
Kebebasan Finansial, Bagaimana Mencapainya?
Berita Utama | 20-Agu-2024 13:47:03 - by boadmincontent

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang merdeka finansial, alias kebebasan finansial.  Kata merdeka, artinya adalah bebas dan lepas dari sebuah kendali. Jika dikaitkan dengan kondisi finansial kita di masa depan, merdeka finansial artinya saat seseorang memiliki kebebasan untuk mengelola keuangan, tanpa adanya tekanan atau ketergantungan pada sumber keuangan tertentu. Artinya ketika seseorang sudah mencapai taraf merdeka finansial, orang tersebut sudah punya kebebasan karena memiliki cukup aset, pendapatan, dan investasi untuk membiayai kebutuhannya sehari-hari, terutama saat usia sudah tidak produktif untuk bekerja lagi. Wah, nikmat bukan? 

Tidak hanya mengatur gaya hidup dan mengelola hutang, tetapi harus dipikirkan bagaimana memiliki lebih dari satu pendapatan juga mengembangkan dana yang dipunya. 

Pentingnya Perencanaan Keuangan 

Diawali dengan mengevaluasi kondisi keuangan saat ini, menetapkan tujuan juga jangka waktu untuk pencapaian tujuan keuangan. Terkahir adalah sikap disiplin untuk menjaga pengeluaran sesuai dengan rencana yang ada.  

Membuat Pos Keuangan 

Saat masih di usia produktif, mulai bagi berbagai tujuan di masa depan di pos-pos tertentu. Mulai dari asuransi kesehatan, dana darurat, dana pendidikan, hingga pensiun. Tentukan nominal dan juga hitung berapa yang dibutuhkan per bulan untuk dapat mencapai nominal yang diinginkan. 

Tumbuhkan dengan Investasi 

Investasi diperlukan karena memiliki potensi untuk menumbuhkan dana yang ada. Investasi ini penting untuk mengalahkan inflasi karena nilai uang yang terus berkurang setiap tahunnya. Jangan lupa untuk melakukan diversifikasi untuk minimalisir risiko investasi. 

Mencapai masa depan yang sesuai dengan rencana bukanlah yang mustahil untuk di capai. Bagi sobat BRI MI yang pemula di dunia investasi, bisa melakukan investasi di produk reksa dana seruni pasar uang II , dan diversifikasi ke produk reksa dana lain dengan potensi tingkat imbal hasil yang lebih tinggi seperti reksa dana campuran dan reksa dana saham.  

Jangan lupa untuk berinvestasi sesuai dengan profil risiko, dan membaca prospektus produk sebelum melakukan pembelian reksa dana. Kunjungi website BRI ManajemenInvestasi di www.bri-mi.co.id untuk informasi mengenai BRI-MI.