Artikel
Pasar Uang : Investasi Tepat Beragam Profil Risiko
Berita Utama | 16-Okt-2024 10:16:27 - by boadmincontent

Sebelum berinvestasi, investor harus menentukan produk reksa dana sesuai dengan profil risiko investasi yang dimilikinya. Hal ini wajib dilakukan mengingat produk investasi itu mengandung berbagai risiko, sehingga memilih produk yang tepat sesuai profil risiko dilakukan untuk mengukur level toleransi investor terhadap produk yang dipilih.

Meskipun reksa dana pasar uang tidak terhindar oleh risiko, produk ini bisa menjadi pilihan utama bagi seluruh investor dengan profil risiko beragam. Hal ini dikarenakan produk ini termasuk dalam kategori risiko yang rendah juga sifatnya yang sangat likuid.

Produk ini memiliki strategi pengelolaan yang menempatkan instrumen pasar uang yang memiliki jatuh tempo yang singkat seperti deposito dan obligasi dibawah <1 Tahun. Tujuannya adalah untuk memberikan imbal hasil yang tetap kompetitif walaupun dengan risiko yang minim. Karena portfolio investasi terdiri  dari instrument investasi yang berjangka pendek, reksa dana pasar uang ini memiliki volatilitas yang lebih rendah.

Oleh karena itu, baik untuk investor pemula yang belum bisa menerima toleransi risiko reksa dana ataupun investor dengan profil risiko agresif yang membutuhkan instrumen investasi yang bisa dicairkan dalam waktu singkat sesuai kebutuhan, reksa dana pasar uang bisa menjadi instrument pilihan di dalam portfolio investasi Anda.

BRI Manajemen Investasi memiliki produk pasar uang yaitu Reksa Dana BRI Seruni Pasar Uang II kelas A dan BRI Seruni Pasar Uang III dengan imbal hasil 1 tahun sebesar 4.67% dan 5.12%. Terdapat juga pilihan produk syariah yaitu BRI Seruni Pasar Uang Syariah dengan imbal hasil 1 tahun 5.65% per 14 Oktober 2024. Seluruh produk ini bisa ditemukan di www.investasik.id dan aplikasi investASIK.

*Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa mendatang. Investasi reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospectus sebelum memulai investasi reksa dana.